semaan alquran

Rutinan Khotmil Qur’an (HISSMA HQ) Himpunan Sema’an Santri Majapahit

Jum’at, 24 September 2021

Himpunan Semaan Santri Majapahit (HISSMA) mengadakan khotmil Qur’an di Desa Jetis, Mojokerto Jawa timur. Kegiatan ini adalah sebuah edukasi sekaligus wadah latihan para santri, supaya terbiasa membaca Al Qur’an bil-hifdzi dengan di Sima’ orang banyak. Kegiatan ini di ikuti kurang lebih 20 santri dan para alumni. Beliau KH.Ainul Yaqin SQ, memberikan wejangan nasihat, dan motivasi yang Al faqir rangkum sebagi berikut:

Salah satu wujud dari silaturahim dan di adakan khotmil Qur’an adalah sebagai wadah sekaligus sarana perkenalan dan pengakraban pengasuh dan wali santri, pengasuh dan santri dan semua yang menjadi komponen HQ.

Hamalatul Qur’an muncul dengan kurikulum Riyadoh. Ini berdasarkan cerita dan pengalaman orang-orang zaman dahulu, bangun pagi-pagi kemudian tahajud, membaca Al Qur’an dll.ini juga berdasarkan kultur kehidupan di kampung jogoroto too dulu.

Seiring dengan berjalannya waktun banyak orang yang mendesak untuk membuat sebuah lembaga Al Qur’an.Alhamdulilllah di tanggal 27 Rajab pamong dan RT sepakat mendirikan pondok pesantren yang awalnya merupakan pesantren yatim namun kita ubah menjadi pesantren yang membantu santri duafa’ menjadi insan Kamil hamilil Qur’an lafdzon wa ma’nan wa amalan.

Pesantren Hamalatul Qur’an tidak seperti pesantren pada umumnya yang ada administrasi secara tertata dan sebagainya, atau bahkan sa di bilang gratis. Namun ini adalah bagian nadzar saya dan kendati begitu kita tidak menolah shodaqoh (gurau beliau), kemudahan yang diberikan Allah kepada Hamalatul Qur’an ini berupa ilmiah dan religius, kemudahan inilah merupakan ketetapan yang kemudian kita bakukan menjadi sebuah kurikulum Riyadoh. Ala jogoroto.

Support dari panjenengan semua merupakan kebutuhan kami, karena kerjasama adalah sebuah titik diantara pengasuh, pengurus, dan wali santri untuk menyamakan persepsi. Sehingga terwujud nya ketentraman untuk mewujudkan cita-cita yang sama.

Sebagai penutup beliau berpesan:
Kita menjalankan hal yg yang berbeda untuk dikasih sesuatu yang berbeda dari Allah supaya beruntung dunia dan akhirat. Dan mendapatkan ridhonya

Allahumma ma’al Qur’an
Semoga kita semua di golongkan ahli Qur’an dan mampu berkhidmat kepada pondok, agama, dan bangsa lebih baik lagi.Aminn,….

ٱهۡدِنَا ٱلصِّرَ ٰ⁠طَ ٱلۡمُسۡتَقِیمَ

Leave a Reply