Silaturahim ke Ponpes Hamalatul Qur’an, Ganjar Pranowo Sampaikan Prospek Cerah Santri

PPHQ – Dalam lawatannya di Jombang, Calon Presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo bersilaturahim ke Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an (PPHQ). Dalam kunjungannya, Ganjar disambut oleh pengasuh PPHQ KH. Ainul Yaqin dan beberapa Kiai di Jombang yang tergabung dalam Sinergi Nahdliyyin Bersama Ganjar – Mahfudz (Sinar Gama).

Dihadapan ratusan santri, Ganjar menyampaikan bahwa seorang santri memiliki prospek yang cerah sebagai generasi penerus bangsa. Ia beralasan karena para santri selain mempelajari berbagai ilmu pengetahuan umum, mereka juga dibekali oleh ilmu agama yang menjadi modal dalam kehidupan bermasyarakat.

“Anak pondok itu punya cita – cita yang tinggi, dengan ilmu agama dan pengetahuan umum, nanti di masyarakat lahir batin mereka pasti joss”, Kata Ganjar dalam sambutannya (12/1).

Dalam kesempatan ini Ganjar juga bercerita tentang fenomena gratifikasi dan penyebaran berita bohong atau Hoax yang semakin marak di kalangan masyarakat.

Oleh karena itu, Ganjar juga menyampaikan kepada para santri bahwa intelektual serta budi pekerti merupakan modal penting bagi generasi muda saat ini. Ilmu agama berfungsi sebagai rem yang mampu menahan hal – hal negatif tersebut.

“Mau hukum atau penegak hukumnya bagus, tapi kalau budayanya di kita masih menghalalkan segala cara contoh, jadi pegawai nyogok, naik pangkat nyogok, kalau anak – anak kita ini ilmu agamanya kuat, remnya juga kuat. Digoda kayak apapun ­mental”, lanjut Ganjar.

Ganjar kagum dengan metode pembelajaran yang diterapkan di PPHQ. Ia menilai metode yang diterapkan di PPHQ harus didaftarkan hak cipta atau kekayaan intelektual karena dapat menjadi inspirasi bagi pesantren – pesantren lain.

Di akhir sesi kunjungannya, Ganjar memberi apreasiasi kepada santri berprestasi kepada santri PPHQ Putri atas nama Syarifah Faza asal Cirebon yang mampu menyelesaikan hafalan Al-Qur’an dalam kurun waktu 3 bulan saat usianya saat ini masih 11 tahun.

Selain itu, Ganjar juga memberi apreasiasi kepada guru ngaji inspiratif yang dalam hal ini diberikan kepada dua santri yang saat ini menjadi pengajar di PPHQ yaitu, Ustadz Mahmud dan Ustadz Alfin dan masih banyak lagi apresiasi yang diberikan Ganjar kepada para santri berprestasi pada malam itu.

 

 

Penulis : M. Maksum

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *