Pentingnya Membangun Relasi Dan Inovasi Dalam Proses Perkembangan Pesantren

Jogoroto.com – Dalam kehidupan sosial, membangun sebuah relasi sangatlah penting untuk meraih kesuksesan. Zaman sekarang, memiliki keunggulan akademik saja tidak menjamin kesuksesan jika tidak didukung oleh jaringan relasi yang luas.

Banyak sekali contoh cerita yang bisa kita temui pada saat ini, dimana orang yang pintar kalah bersaing dengan seorang yang memiliki jaringan relasi yang baik.

Sebagai makhluk sosial, sudah menjadi kodrat kita untuk selalu menjalin hubungan baik kepada sesama. Hubungan timbal balik antar individu maupun kelompok akan berpengaruh dalam proses perkembangan. Semakin luas relasi yang dimiliki, maka peluang untuk berkembang akan semakin mudah. Begitupun sebaliknya, relasi yang sempit akan menghambat proses perkembangan.

Tidak hanya relasi, ide pemikiran yang menciptakan sebuah inovasi juga menunjang keberhasilan individu maupun kelompok. Relasi dan inovasi merupakan dua komponen yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan visi dan misi suatu lembaga.

Oleh karena itu selain finansial, sumbangsih berupa relasi dan ide pemikiran sangatlah penting dalam menunjang proses perkembangan suatu lembaga.

Seperti halnya dalam perkembangan pondok pesantren Hamalatul Qur’an (PPHQ). KH. Ainul Yaqin selaku pengasuh PPHQ menyampaikan bahwasanya pesantren terbuka bagi siapapun yang ingin memberi sumbangsih berupa ide-ide pemikiran dan relasi yang bermanfaat bagi perkembangan pesantren.

” Semangat kebersamaan yang kita harapkan antara kami, pengurus, dan wali santri yaitu shodaqoh inspirasi dan relasi”, pesan Kiai Yaqin. (23/09/2022)

Pesan tersebut disampaikan saat kiai Yaqin mengisi Mauidhoh Hasanah dalam acara sema’an himpunan santri Jombang beriman (HISBAN HQ). Acara tersebut juga dihadiri oleh wali santri dan tokoh masyarakat setempat.

Dengan memiliki relasi yang baik, kita akan mendapat kemudahan dalam berbagai hal. salah satunya yaitu mendapatkan peluang untuk bertemu dengan orang-orang yang profesional di berbagai bidang. Ilmu yang didapatkan dari relasi tersebut bisa di implementasikan ke dalam lingkup pesantren.

Semakin banyak orang ahli yang dikenal, maka semakin mudah bagi kita untuk saling bertukar ide, inovasi, dan gagasan. Hal tersebut akan menambah wawasan dan menunjang keberhasilan suatu lembaga. Relasi yang baik juga akan membantu dalam mewujudkan cita-cita pesantren.

Tidak hanya meningkatkan saja, tetapi relasi yang sudah dimiliki juga harus dijaga. Caranya dengan selalu menjalin komunikasi dengan baik dan saling membangun rasa kepercayaan. Gunakan juga media sosial sebagai sarana untuk menjaga dan memperluas jaringan relasi kita.

PPHQ berusaha untuk selalu menjalin kerjasama yang baik dengan wali santri dan para tokoh ahli dalam meningkatkan mutu pesantren. Berbagai kemajuan yang telah tercapai di pesantren juga merupakan berkah dari luasnya relasi.

“Dengan luasnya relasi ini, HQ memiliki keakraban tersendiri di berbagai perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri”, Imbuh kiai Yaqin.

 

Penulis : M. Maksum Ali

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *